Sejarah Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama

Pendirian  FP UNAYA, pada dasarnya dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kesempatan kepada generasi muda   untuk melanjutkan pendidikan di bidang Pertanian. Kehadiran Fakultas ini tidak terlepas dari sejarah berdirinya Universitas Abulyatama yang merupakan pengembangan dari STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Abulyatama. Berbeda dengan Universitas lain pada umumnya, pendirian Universitas Abulyatama didasarkan pada pemikiran yang mendasar yaitu untuk menyantuni anak yatim dan meningkatkan kualitas umat.

Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama mulai didirikan pada Tahun 1984 dengan Surat Keterangan Persetujuan Sementara Nomor : 200/SK/Kop.I/84, seiring dengan pengembangan STKIP Abulyatama menjadi Universitas Abulyatama,  membuka tiga Jurusan yaitu Jurusan Budidaya Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan Jurusan Peternakan.

Pada tahun 1985 dengan SK. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan R.I No. 0415/0/1985 tanggal 1 Oktober 1985 Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian Program Studi Budi Daya Pertanian dan Jurusan Peternakan Program Studi Peternakan   memperoleh Status terdaftar. Kemudian berdasarkan SK Mendikbud No.0210/0/1989, tanggal 11 April 1989, Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama mendapatkan Status Diakui untuk Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan Budi Daya Pertanian Program Studi Budi Daya Pertanian dan Jurusan Peternakan Program Studi Peternakan. Selanjutnya Peningkatan Status dari Diakui menjadi Disamakan untuk Jurusan dan program studi – program studi di lingkungan Fakultas  Universitas Pertanian Abulyatama sesuai SK Mendikbud seperti terlihat  pada Tabel Berikut ini.

Status Disamakan Jurusan/Program Studi di lingkungan Fakultas Pertanian Unaya.

No. Program Studi No. SK Tgl. SK
1 Sosial Ekonomi Pertanian 0449/0/1990 26 Juli 1990
2 Budi Daya Pertanian 0126/0/1991 21 Maret 1991
3 Produksi Ternak 0126/0/1991 21 Maret 1991

Berdasarkan Tabel diatasa terlihat bahwa proses pembelajaran telah berlangsung sangat baik di Fakultas Pertanian, hal ini tergambarkan dari keluarnya status Disamakan  untuk ketiga program studi tersebut. Dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 78/D/O/1997 tanggal 17 November 1997 telah ditetapkan program studi untuk program sarjana yang terakreditasi dan tidak terakreditasi bagi sebagian program studi sarjana pada perguruan tinggi. Sehubungan dengan Keputusan tersebut maka pada tahun 1998 semua program studi dalam lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama telah memperoleh peringkat akreditasinya.